Kapan Waktu Terbaik Pemberian Pupuk?

Waktu terbaik pemberian pupuk adalah pada pagi hari atau sore hari. Pemberian pupuk pada pagi hari saat matahari belum terlalu terik sehingga pupuk tidak cepat menguap. Pemberian pupuk pada sore hari saat matahari tidak terlalu panas sehingga tanaman tidak stres.

Pemberian pupuk juga harus disesuaikan dengan jenis tanaman. Tanaman yang sedang tumbuh aktif, seperti tanaman sayuran dan buah-buahan, membutuhkan pupuk lebih sering, yaitu setiap 1-2 minggu sekali. Tanaman yang sudah dewasa, seperti tanaman hias dan tanaman keras, membutuhkan pupuk lebih jarang, yaitu setiap 2-4 minggu sekali.

Berikut adalah beberapa tips untuk menentukan waktu terbaik pemberian pupuk:

  • Pertimbangkan kondisi cuaca

Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan pada saat cuaca cerah dan tidak berangin. Hal ini untuk mencegah pupuk terbawa angin atau tercuci oleh air hujan.

  • Pertimbangkan kondisi tanah

Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan pada saat tanah dalam kondisi lembap. Hal ini untuk mencegah pupuk menguap atau terurai sebelum diserap oleh tanaman.

  • Pertimbangkan kondisi tanaman

Pemberian pupuk sebaiknya dilakukan pada saat tanaman membutuhkan nutrisi. Hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan tanaman, yaitu jika tanaman tumbuh subur dan sehat, maka tanaman membutuhkan nutrisi.

Dengan memperhatikan waktu terbaik pemberian pupuk, maka tanaman akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan secara optimal sehingga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Posting Komentar untuk "Kapan Waktu Terbaik Pemberian Pupuk?"